Skip to main content

Tutorial Mengisi Jumlah Nilai, Nilai Rata-Rata, Total Nilai, Nilai Tertinggi, Nilai Terendah Dengan Ms. Excel


Bissmilahirahmanirahiim.

Assalamu’alaikum Wr Wb.




Mungkin sebagian dari kita sudah tahu apa itu software Microsoft Excel dan apa fungsinya ? tetapi bila ada dari teman-teman yang belum mengetahui software Microsoft Excel dan apa fungsinya, teman-teman tiba ke situs web yang sempurna hehehe….


Microsoft Excel ialah salah satu aktivitas dari Micrrosoft Office yang lembar kerjanya berbentuk spreadsheet yang sanggup mengolah data yang berupa perhitungan memakai rumus , menciptakan table, grafik  dan lain-lain.  Sedangkan fungsi dari Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari ialah:

-          Pembuatan Laporan ke-uangan

-          Menghitung Gaji Karyawan

-          Membuat grafik perkembangan perusahaan

-          Membuat dan menghitung jumlah niali siswa

-          Dan lain-lain

Tetapi pada kesempatan kali ini aku pribadi akan mengshare bagaimana cara mengisi tabel “Daftra Nilai Ujian Komputer” yang sudah aku siapkan. Pada tabel “Daftar nilai ujian computer” kita akan mengisi kolom jumlah nilai, nilai rata-rata,  nilai total, nilai tertinggi dan nilai terendah dengan memakai rumus. Kenapa harus memakai rusmus ? karena, biar pekerjaan kita mengisi table “Daftar niali ujian computer” akan lebih efektif dan efisien . berikut table  “Daftar Nilai Ujian Komputer yang aku sudah siapkan untuk bahan kali ini :



1.       yah, mungkin pribadi saja ke langkah yang pertama kita akan mengisi kolom jumlah nilai :

Untuk mengIsi kolom jumlah nilai kita harus memakai rumus SUM, silahkan teman-teman klik pada baris pertama jumlah nilai dan silahkan ketik =SUM(blok baris nilai yang akan di jumlah) lihat gambar dibawah ini :

Lalu tekan enter, maka secara otomatis kolom jumlah nilai akan terisi :




 Untuk mengisi kolom jumlah nilai akseptor ujian lainnya, kita hanya perlu mendragnya ke bawah,maka secara otomatis kolom jumlah nilai semua akseptor ujian lainnya akan terisi, lihat gambar dibawah ini :
      
2.        Selanjutnya kita akan mengisi kolom Nilai Rata-rata. Untuk mengisi kolom Nilai rata-rata kita harus memakai rumus Average, pribadi saja kita klik baris pertama dari kolom Nilai rata-rata kemudian ketik =AVERAGE(blok baris nilai yang akan di cari nilai rata-rata), silahkan lihat gambar dibawah ini :


Lalu tekan enter, dan kita akan mendapat hasil nilai, kolom Nilai rara-rata, lihat gambar dibawah ini :


Cara mengisi nilai rata-rata akseptor yang lainnya sama menyerupai kita mengisi kolom jumlah nilai. Dengan cara mendragnya, lihat gambar dibawah ini :




3.     Kita lanjut ke langkah ke tiga yaitu mengisi kolom Nilai Total, sama menyerupai mengisi kolom jumlah nilai, mengisi kolom Total nilai sama-sama memakai rumus SUM. Klik baris pertama  pada baris kolom total nilai, kemudian ketik =SUM (blok nilai yang akan di total). Lihat gambar dibawah ini:


Tekan enter lihat balasannya :


Setelah itu kita drag kesamping untuk mentotal nilai yang lainnya :

4.     Langkah ke empat, mengisi baris Nilai tertinggi. mengisi nilai tertinggi kita harus memakai rumus MAX. caranya klik baris pertama Nilai tertinggi kemudian ketik  =MAX(blok kolom nilai yang akan dicari nilai tertingginya). Lihat gambar di bawah ini :


Lalu tekan enter, dan lihat hasinya :





Darg ke samping untuk mengetahui niali tertinggi lainnya :

5.    Akhirnya kita hingga ketahap yang terakhir yaitu mengisi kolom Nilai terendah. Mengisi kolom Nilai terendah harus memakai rumus MIN. Langsung saja klik baris pertama nilai terendah kemudian ketik =MIN(blok nilai yang akan dicari nilai terendahnya). Lihat gambar di bawah ini :


Lalu tekan enter, lihat balasannya :

Dan Drag ke samping untuk mengetahui nilai  terendah lainnya :




Gambar dibawah ini ialah hasil selesai mengisi table “Daftar Nilai Ujian Komputer” :




Mungkin itu saja yang sanggup aku share pada postingan pertama aku yang berjudul "Tutorial Mengisi Jumlah Nilai, Nilai Rata-Rata, Total Nilai, Nilai Tertinggi, Nilai Terendah dengan Ms. Excel". Semoga sanggup bermanfaat bagi teman-teman. Jika ada kesalahan pada postingan kali ini mohon di maklum alasannya ialah kami juga masih dalam tahap masa pembelajaran. Dan yang terpenting sering-seringlah mampir ke web kami ini pelajaranonline.com hehe… Terima Kasih.


Sumber http://pelajaranonline1.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar