Skip to main content

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

Cara menanam bawang merah tidak hanya sanggup di lakukan di lahan luas saja, tapi sanggup juga dilakukan dengan media polybag, selain sebab lahan yang terbatas, perawatan dan kesudahannya pun sama saja dengan cara menanam di lahan.

 Cara menanam bawang merah tidak hanya sanggup di lakukan di lahan luas saja Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

untuk anda yang hobi bertanam, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam bawang merah di dalam polybag, sebab pada umumnya menanam bawang di dalam polibag dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri, namun tidak sanggup menutup kemungkinan juga menanam bawang di polybag sanggup dikomersilkan.

dengan sedikit kreativitas, menanam bawang merah di polybag sanggup menjadi flora hias, sanggup juga sebagai penghijauan dan sanggup juga sebagai penyegar lingkungan atau halaman rumah anda.

Keuntungan Menanam Bawang Merah Di Polybag

  • hemat tempat
  • mudah dalam pemeliharaan
  • hasil yang baik
  • dan tidak gampang lodoh atau busuk
  • bisa ditempatkan dimana saja
  • dapat menghemat pengeluaran rumah tangga (jika diperuntukan untuk konsumsi sendiri)

Langkah-langkah Menanam Bawang Merah di Dalam Polybag

Cara Memilih Polybag Untuk Menanam Bawang Merah

pilihlah polybag yang berdiameter 20cm dengan ketinggian 30cm dan mempunyai ketebalan atau materi pelastik yang tebal, hal ini bertujuan supaya polybag tidak gampang ringkih sebab waktu dan terkena air dari penyiraman.

Cara Memilih Bibit Bawang Merah

pemilihan bibit bawang merah sangat mudah, anda hanya cukup mencari bibit bawang yang masih ada daun bawang keringnya dan ada akarnya. pilih bibit bawang yang mengkilap (tidak kusam), pilih bibit bawang yang berumbi besar.

bibit bawang merah yang telah dipilih, kemudian dipotong kepingan atasnya kira-kira setengah dari ukuran bibit bawang tersebut, hal ini bertujuan untuk memudahkan bawang mengeluarkan tunas bawang yang gres . sehabis dipotong kemudian biarkan bawang terangin-angin selama satu malam.

Media Tanam Bawang Merah Dalam Polybag

media tanam bawang merah dalam polybag yaitu adonan tanah dan pupuk sangkar atau kompos dengan perbandingan 1:1, bila tanah yang dipakai merupakan tanah liat padat, perlu ditambahkan pasir dengan perbandingan untuk semua adonan 1:1:1.

sebaliknya, kalau tanah yang dipakai banyak mengandung pasir  atau terlalu remah atau gembur (sarang) maka perbandingan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos yang dipakai yaitu 1:5, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesuburan, dan media tersebut disirami oleh larutan pupuk beragam atau pupuk NPK atau adonan pupuk urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 1:1:1. takaran larutan disiramkan yaitu 1-2 g pupuk dilarutkan ke dalam 1 liter air.

Cara Menanam Bawang Dalam Polybag

  • penanaman bawang merah dalam polybag dimulai dari mempersiapkan media tanam dalam polybag, dan inilah cara memasukan media tanam kedalam polybag.
  • ambil satu polybag, kemudian isi dengan adonan media tanam menyerupai yang sudah dijelaskan diatas, kemudian isi polybag hingga 70% dari tinggi polybag.
  • lalu bibit bawang yang sudah dibiarkan semalaman di letakan di atas media tanah, dan biarkan terkubur hingga stengah kepingan dari bibit bawang tersebut.
  • setelah bibit bawang tertanam, siram bibit bawang dengan air secukupnya.
  • lalu simpan bibit bawang di daerah yang terkena matahari atau di daerah yang sejuk, dan jangan menyimpan flora bawang ditempat yang terkena air hujan secara langsung.


Cara Penyiraman

cara menyiram bawang merah di dalam polybag dikala dari mulai tanam hingga muncul tunas, lakukan penyiraman 3x sehari (pagi, siang dan sore) tetapi sehabis flora bawang merah sudah mulai berdaun, maka lakukan penyiraman 2 kali sehari di pagi dan sore, kemudian dikala tanaan bawang sudah mulai berumbi, lakukan peyiraman satu kali sehari yaitu di sore hari saja.

Cara Pemelihaan Tanaman Bawang Merah

dikala flora bawang sudah mulai tumbuh daun, kita harus rajin mengambil atau memangkas daun bawang yang bau tanah atau daun bawang yang kuning supaya sanggup menghasilkan umbi bawang yang besar, dan anda juga sanggup menciptakan daun bawang yang kering untuk pelengkap pupuk kompos pada flora bawang dengan cara meletakkannya di dalam media tanah atau di sekitar flora bawang merah.
lakukan cara tersebut hingga flora bawang merah siap di panen

Cara Memanen Bawang Merah

bawang merah dipanen sehabis umur 70 hari, itu untuk bawang merah berebes atau bawang merah biasa, tapi kalau yang ditanam yaitu bawang merah sumenep, maka usia pemanenan dikala bawang sudah memasuki usia tanam 90 hari atau 3 bulan.

ciri-ciri bawang merah yang sudah siap dipanen yaitu dikala umbi bawang sudah besar dan daun bawang sudah merunduk dan layu serta mengering, itu tandanya bawang sudah siap dipanen, anda sanggup memanen bawang merah tersebut dengan caa menggalinya dengan memakai skop secara perlahan hingga bawang sanggup terangkat satu rumpun.

sehabis flora bawang terambil dari polybag, silahkan anda pilih bawang yang berumbi besar untuk anda gunakan atau anda komersilkan, dan anda sanggup memakai flora bawang yang masih kecil untuk sanggup ditanam kembali sebagai bibit, jadi anda tidak perlu membeki bibit kembali untuk pananaman berikutnya, dengan catatan jangan hingga akar bawang tersebut terputus.

sehabis bawang yang berumbi besar simpulan dipanen, maka potong-potong bawang tersebut dari batang daun bawangnya, dan jangan terlalu bersahabat dengan umbi, sekitar 1-2 cm dari umbi bawang. kemudian bawang yang sudah dipotong dari batang daun bawang tersebut dicuci di air mengalir supaya berish dan terbebas dari tanah.

sehabis dicuci, jemur bawang di bawah terik matahari kurang lebih sekitar satu minggu. dan sehabis kering bawang sudah siap dipakai atau dipasarkan kalau kesudahannya banyak, sebab hasil tanam dengan media polybag ini tergantung dari berapa banyak anda menanam bibit bawang di polybag-polybag tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar