Skip to main content

Cara Menghemat Uang Belanja Sehari Hari Dalam Rumah Tangga

cara menghemat uang belanja sehari hari dalam rumah tangga

Anda para ibu rumah tangga terkadang resah dengan mengelola uang belanja yang minim tapi pengeluaran rumah tangga makin hari semakin meningkat.
Untuk itu aku akan mengulas hal hal mengenai cara menghemat pengeluaran rumah tangga,tips belanja ekonomis dalam rumah tangga,trik belanja ekonomis sehari hari di dalam rumah tangga dan hal hal yang masih terkait pengeluaran rumah tangga.

Tidak sanggup dipungkiri makin hari harga kebutuhan pokok semakin melambung,dan anda para istri tentu akan semakin pusing mengatur kebutuhan rumah tangga.Di tambah biaya anak sekolah yang semakin meningkat,tambah pusing aja ya hidup di jaman sekarang.

Bagi anda yang masih singgle mungkin tidak terlalu pusing dengan duduk masalah rumah tangga.
Ya walaupun kebutuhan singgle juga kadang tidak sanggup dibilang sedikit.Tapi itu tergantung dari referensi hidup langsung masing masing juga sih.

Nah bicara mengenai kebutuhan rumah tangga tentu tidak akan lepas dari referensi hidup dari anggota keluarga itu sendiri.
Kalau referensi hidupnya serba glamor ya sudah tentu pengeluaran biaya rumah tangga juga akan semakin besar tentunya.

Bisa di katakan mengatur kebutuhan rumah tangga bagi para istri tergolong susah susah praktis ya.
Manajemen keuangan dalam rumah tangga tentu akan memusingkan para ibu ibu jikalau jatah uang belanja sangat minim atau sangat pas pasan.Menderita banget ya hehe..

Baiklah dari pada panjang lebar,saya akan mengurai satu persatu mengenai cara mengatur keuangan belanja di dalam rumah tangga
Sebelumnya aku kemarin telah menulis artikel mengenai penyebab suami tidak kasar dengan istri waspadai sebelum terlambat
Anda sanggup membacanya bila suami anda mengatakan tanda-tanda penurunan gairah.

Baik kita kembali ke tema mengenai cara mengelola uang belanja dan tips belanja ekonomis dalam rumah tangga

1.Sadar keuangan
Apa itu sadar keuangan?
Sadar keuangan yang aku maksud disini ialah tahu persis bagaimana keuangan anda.
Anda harus tahu betul jumlah uang yang anda miliki dan berapa rata rata pengeluaran anda.Baik perhari,perminggu,ataupun perbulan.Dengan sadar keuangan akan memudahkan anda untuk mengatur duduk masalah keuangan di rumah tangga anda.

2.Mengutamakan kebutuhan primer
Yang dimaksud mengutamakan kebutuhan primer ialah mengutamakan atau mendahulukan kebutuhan yang pokok atau yang penting.Belanja materi kuliner misalnya.Jangan terbalik.Biasanya ibu ibu suka goyang imannya dikala kepasar terus melihat diskon barang yang kadang tidak terlalu penting.Mulai kini jangan di biasakan ya para ibu ibu.Dahulukan saja membeli barang yang memang sangat di butuhkan.

3.Cari gosip sebanyak banyaknya kawasan belanja yang murah
Anda harus tahu,bahwa bahwasanya beda kawasan beda harga.Ini sudah menjadi diam-diam umum.Bahwa setiap penjual terkadang menjual barang dagangannya jauh lebih murah di bandingkan dengan penjual lainnya.Biasalah penjual ingin memenangkan persaingan dengan menjual barang lebih murah supaya konsumen mau belanja di tempatnya.

4.Pilih barang anggun walaupun murah
Udah pengen harga yang murah pengen yang anggun lagi yummy benar haha....
Ya wajarlah semua orang pengennya gitu kan.
Harga murah tapi tidak murahan.
Karena itu meski anda membeli barang murah anda harus teliti menentukan barang yang anda beli.Sebab ada penjual yang bandel dengan menjual barang yang murah tapi barang yang di jual tidak bagus.
Yang lebih diperhatikan dikala membeli materi makanan,harus lebih hati hati,bisa jadi barang yang dijual murah eh sudah kadaluarsa atau sudah basi.
Untuk itulah kita harus cerdas dan jeli setiap membeli barang yang jauh lebih murah di banding harga normal.

5.cari materi atau barang alternatif
Bahan alternatif artinya mencari materi pengganti apabila materi yang ingin di beli terlalu mahal.Anda sanggup mencari barang yang lebih murah dibanding harga yang seharusnya anda beli tapi masih mempunyai fungsi yang sama.Misalnya harga materi bakar minyak tanah semakin mahal,anda sanggup menggantinya dengan materi bakar kayu,arang,gas ataupun watu bara.Yang penting sanggup masak ya kan?
Begitu juga dengan barang lainnya.

6.Pangkas kebutuhan yang tidak perlu
Yang namanya kebutuhan banyak ragamnya.
Apalagi dalam rumah tangga kebutuhan anak ataupun suami dan istri kadang juga bermacam macam dan beraneka ragam.Kalau semua dituruti ya tentunya juga akan memakan banyak biaya.Anda para ibu ibu harus jeli menyikapi hal ini.

7.cari diskon
Masih ada hubungannya dengan poin nomor 3 wacana mencari penjual yang menjual barang dagangannya dengan harga murah,tapi ini sedikit berbeda alasannya ialah barang yang di jual sanggup lebih murah di banding harga di hari biasanya.
Ya namanya diskon tidak selalu setiap hari,cuman di hari hari tertentu saja.Misalnya di hari hari besar atau sedang ada pembukaan atau launching produk tertentu.Tetapi harus diingat meskipun diskon kita harus mempertimbangkan bahwa barang yang kita beli harus benar benar di butuhkan,maksudnya ialah barang yang penting dan diutamakan.

8.Belanja dengan uang tunai
Berbelanjalah dengan uang tunai alasannya ialah akan memudahkan anda dalam mengontrol pengeluaran anda.
Jika anda memakai kartu credit akan susah mengontrol pengeluaran anda.
Biasanya kalau kita memakai kartu kredit sering tidak terasa menghabiskan limit.
Saking enaknya gesek menggesek hingga lupa batas limit sudah mendekati.
Jadi sangat tidak di sarankan memakai kartu kredit jikalau ingin menerapkan referensi ekonomis dalam mengatur keuangan.Sebab tidak semua kawasan untuk membeli barang mendapatkan pembayaran dengan kartu kredit ,maka akan semakin sempit pilihan kawasan untuk berburu barang murah.

Tapi bagi anda yang andal mengatur keuangan meski memakai kartu kredit ya silahkan sih.

Nah itu tadi pembahasan aku mengenai cara menghemat uang belanja sehari hari dalam rumah tangga,jika ada yang kurang atau kurang sempurna silahkan tambahkan melalui kolom komentar dibawah.Agar sanggup bermanfaat bagi pembaca yang lainnya.
Terima kasih.

Sumber https://tioalvino.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar