Skip to main content

Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Camelia

Cara menanam dan budidaya bunga camelia - Bunga Camelia yaitu tumbuhan berbunga yg bersumber dari genus Theaceae yg bisa ditemukan di Asia Timur, Asia Selatan serta dari Himalaya timur ke Jepang hingga Indonesia. Tanaman bunga ini mempunyai tipe batang berkayu baik berbentuk semak maupun pohon. Jenis bunga camelia yg tak jarang dijumpai yaitu Camellia sinensis yg pucuk daunnya dimanfaatkan untuk membikin teh. Camelia juga bisa digunakan sebagai tumbuhan hias berbunga. Terdapat kurang lebih 3000 kultivar tipe serta bibit unggul bunga camelia diantaranya semacam Camelia japonica, Camelia reticulata, Camellia oleifera serta Camelia sasanqua.

 Bunga Camelia yaitu tumbuhan berbunga yg bersumber dari genus Theaceae yg bisa ditemukan Cara menanam dan budidaya bunga camelia


Cara Budidaya Bunga Camelia

Pemilihan serta Persiapan Bibit Bunga Camelia

Pilihlah bibit yg baik serta berkualitas, alasannya yaitu bibit akan memilih bunga yg akan tumbuh. Bunga camelia mempunyai dua tipe kelompok bila dilihat dari bentuk kelompaknya, ada camelia berkelopak tunggal serta ada camelia bertumpuk. Jika telah memeilih tipe bunga camelia yg akan ditanam. Bibit bunga camelia yg baik mempunyai ciri-ciri berikut ini:

mempunyai daun berwarna hijau segar, Bagian badan tumbuhan tak ada yg terluka, leluasa dari hama penyakit, serta biasanya bibit camelia bisa diperoleh melewati stek.

Baca juga : Pengertian ciri ciri dan jenis jenis tumbuhan paku pteridophyta

Cara Menanam Bunga Camelia

Setelah bibit bunga camelia siap, selanjutnya perbuat penanaman. Menanam bunga camelia ini bisa dilakukan di dalam pot maupun ke lahan tanam semacam pekarangan alias halaman rumah.

Namun menanam bunga camelia dalam pot lebih gampang serta simpel alasannya yaitu akan lebih gampang dikontrol pertumbuhannya serta media tanamnya akan masih stabil. Penanaman bibit bunga camelia ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat cuaca belum terlalu panas. Sebelum bibit dipindah tanamkan ke pot, bibit di diamkan selagi 3-5 hari dengan dilakukan penyiraman dengan cara teratur.

Pot yg bisa Anda gunakan untuk menanam bunga camelia yaitu dengan menggunakan pot berdiameter kurang lebih 15-20 cm meter alias berkapasitas sedang, selanjutnya siapkan media tanam berupa gabungan humus serta akar pakis (direbus terlebih dahulu supaya lebih steril) dengan rasio 1:1. Kemudian dibagian dasar dalam pot tanam diberi pecahan kerikil bata agara media tanam lebih porous, masukkan media tanam setengah tahap kemudian masukan bibit kedalam pot dengan hati-hati serta beri media tanam kembali kemudian padatkan. Untuk mengurangi penguapan serta merangsang pertumbuhan tunas baru, sisakan 4-5 helai daun saja.

Cara Merawat Bunga Camelia

Lakukan pendangiran pada media tanam bunga kamelia supaya kegemburan media tanam masih terjaga. Jaga kelembaban media tanam dengan melaksanakan penyiraman dengan cara rutin. Lakukan pula pemupukan anorganik pemanis NPK untuk merangsang pembentukan daun pada awal masa tanam. Selain itu perbuat pula pemupukan dengan pupuk guano serta pupuk organik lainnya setiap 4-5 ahad sekali. Lakukan pula pemangkasan dengan cara selalu pada batang tumbuhan untuk merangsang pertumbugan tunas gres serta tumbuhan bisa menjadi rimbun.

Waktu Bunga Camelia Berbunga

Sejak dipindahkan ke dalam pot tanam, bunga camelia memperlukan waktu 3-4 bulan untuk berbunga. Pada awal bunga timbul perbuat pemangkasan bunga serta sisakan hanya bunga yg mempunyai kelopak yg besar saja. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan munculnya bunga di waktu berikutnya.

Baca juga : Cara menanam dan merawat bunga lili paris di rumah bagi pemula

Demikian postingan pembahasan tentang”Cara Menanam serta Budidaya Bunga Camelia Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula” semoga bermanfaat.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar