Skip to main content

Macam Macam Tanaman Serealia Biji Bijian

Macam macam tumbuhan serealia biji bijian - Serealia alias tak jarang disebut Sereal alias Biji-bijian artinya tumbuhan yg bersumber dari suku rumput-rumputan dan diambil biji alias bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Beberapa tipe serealia menjadi materi makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Anggota dari serealia tak sedikit dari suku padi-padian umpama padi, gandum, sorgum, jagung, jelai ,haver, gandum durum ,serta gandum hitam artinya beberapa referensi yg masuk kedalam serealia utama. Adapula anak buah serealia yg disebut serealia semu semacam bayan biji,kinoa dan buckwheat dan ada juga serealia yg digunakan untuk pakan burung kicau semacam beberapa tipe milet dan jewawut.

Macam macam tumbuhan serealia biji bijian Macam macam tumbuhan serealia biji bijian


1. Padi

Oryza sativa alias yg dikenal dengan Padi artinya salah satu tumbuhan serealia yg telah menjadi makanan pokok di beberapa negara tropis tergolong Indonesia. padi masuk kedalam sku padi-padian (poaceae), padi mempunyai akar serabut, batang pendek, bentuk daun sejajar berwarna hijau belia dan hijau tua, bunga tersusun majemuk, tipe buahnya artinya kariopsis yg tak bisa dibedakan antara biji dan buahnya (bulir) dan bentuk bulirnya lonjong dengan ukuran 3mm-15mm yg tertutup oleh sekam alias palea dan lemma . Tanaman padi artinya tumbuhan semusim dan yg akan terjadi pengolahan padi disebut beras yg lalu dimasak menjadi nasi untuk di konsumsi sebagai sumber karbohidrat.

2.  Jagung

Jagung merupakan tumbuhan yang banyak ditaman di indonesia, jagung biasanya digunakan sebagai pakan ternak untuk tahap daun dan tongkolnya, pada tahap bulirnya dibangun minyak dan tepung maizena,dan ada tahap tongkol dan bulir yg telah dibangun tepung digunakan untuk materi baku industri.jagung kaya akan pentosa.

3. Gandum

Triticum spp alias Gandum artinya tipe tumbuhan serealia yg tergolong kedalam suku padi-padian yg mengandung tak sedikit karbohidrat. Biasanya di eropa gandum menjadi makanan pokok. Perlu Anda ketahui, Bahwa Gandum bukan hanya dijadikan makanan pokok, ternyata juga diproduksi menjadi tepung terigu,pakan ternak,serta ada yg difermentasi untuk menghasilkan alkohol, tidak hanya itu juga bisa dijadikan materi industri. Gandum diklasifikasikan menurut warna, tekstur biji, dan demam gosip tanamnya.berdasarkan warna gandum diklasifikasikan menjadi merah dan putih, menurut tekstur gandum diklasifikasikan menjadi soft, durum, dan hard, sedangkan menurut demam gosip gandum dibagi menjagi spring dan winter. Namun kalau kita lihat secara umum, gandum mempunyai beberapa jenis diantaranya durum wheat,soft wheat, dan hard wheat.

Baca juga : Cara menanam dan budidaya bunga camelia

4. Jelai

Hordeum vulgare alias Jelai artinya salah satu tipe tumbuhan serealia yg bersumber dari suku padi-padian yg tak sedikit digunakan untuk pakan ternak, penghasil malt, dan untuk makanan kesehatan.

5. Oats alias Haver

Avena sativa L. alias tak sedikit disebut Haver alias Oats ini artinya salah satu tipe tumbuhan serealia yg tak sedikit ditemui di kawasan sub-tropis dan sedang. Bulir yg dihasikan oleh ots ini tak sedikit dimanfaatkan tidak hanya untuk makanan pokok juga sebagai pakan ternak khususnya kuda.

6. Sorgum

Sorgum spp. alias Sorgum ini artinya salah satu tumbuhan serealia yg serbaguna yg tak sedikit digunakan sebagai makanan pokok, materi baku industri, dan pakan ternak. Sorgum menjadi makann pokok di kawasan Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia sorgum juga telah mulai di budidayakan.

7. Fonio

Fonio artinya tipe serealia yg mempunyai bulir kecil dan masuk dalam kelompok milet. dua tipe fonio yg digunakan untuk budidaya adalah jenis: Digitaria exilis dan D.iburua, kedua tipe ini bahwasanya sama tetapi yg membedakan artinya miletnya. Fonio bisa menjadi tumbuhan pilihan yg relatif rendah pada kawasan kekeringan semacam Afrika Barat.

8. Milet

Milet artinya kelompok dari tumbuhan serealia yg mempunyai bulir berkapasitas kecil. Tanaman serealia yg dimasukan sebagai milet antara lain: jewawut, milet mutiara, proso dan korakan. sedangkan yg dianggap sebagai milet artinya Echinochloa spp.

Milet menjadi makanan pokok di Asia Selatan dan Afrika sedangkan yg di kawasan lain hanya menjadi pakan ternak alias burung peliharaan. Kandungan yg tersedia dalam milet artinya vitamin B dan mineral semacam vitamin B6, niasin, folat,z at besi, kaliun, magnesium, kalsium, dan zinc.

9. Jewawut

Setaria italica alias dikenal dengan Jewawut artinya sejenis tumbuhan serealia yg sempat dijadikan makanan mutlak oleh masyarakat asia tenggara dan timur sebelum mengetahui padi. Jewawut mempunyai bulir yg kecil kurang lebih 3mm dan warnanya bermacam-macam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, sampai merah. Tinggi tumbuhan jewawut bisa mencapai 2 meter. Ada 2 varietas jewawut adalah yg untuk di konsumsi manusia adalah S.italica var.italica dan yg untuk pakan burung adalah S.italica var. moharica

10. Jali

Coix lacryma-jobi L. alias dikenal dengan Jali artinya tumbuhan serealia dari suku pocaseae yg nasib di kawasan tropika dan bersumber dari Asia Timur dan Malaya melainkan ketika ini jali telah menyebar keseluruh penjuru dunia. Bulir pada jali yg telah masak terbungkus oleh struktur yg keras dan bentuknya oval berwarna putih. Terdapat 2 varietas yg tak jarang ditanam oleh orang-orang adalah Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi mempunyai cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih dan berbentuk oval tak jarang digunakan sebagai manik-manik. Sedangkan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen tak jarang jadikan makanan dan juga menjadi tahap dari tradisi pengobatan Tiongkok.

11. Kinoa

Chenopodium quinoa Willd alias Kinoa artinya tipe serealia semu yg sangat ideal untuk dijadikan sumber gizi lantaran tinggi akan karbohidrat dan protein. Kinoa menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian Pegunungan Andes, Amerika tahap Selatan.

12. Buckwheat

Buckwheat artinya tumbuhan serealia yg bisa diolah menjadi tepung, dengan nama wheat dibelakang bukanlah mengakibatkan buckwheat tanaam serealia yg semacam gandum lantaran nutrisi yg paling menonjol pada tumbuhan serealia tipe ini artinya proteinnya yg bisa mencapai 13%,karbohidrad 71% dan lemak 8% per 100g.selain itu tersedia vitamin b, zat besi, dan zinc.

Baca juga : Pengertian ciri ciri dan jenis jenis tumbuhan paku pteridophyta

13. Tef

Tef artinya tumbuhan serealia yg digunakan untuk sumber pangan dan pertanian. Tef menjadi makanan pokok di Ethiopia dan Eritrea lantaran mengandung kalsium dan protein.

14. Zizania

Wild rice alias Zizania alias juga dalam bahasa indonesia tak jarang disebut padi liar artinya salah satu dari sekian tak sedikit tumbuhan serealia yg menjadi makanan pokok di Amerika Utara dan China.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar