Skip to main content

Cara Mengatasi Memori Penuh Ketika Instal Aplikasi Di Android

Tips dan Trik - Seperti yang diketahui, ketika ini pengguna samrtphone semakin hari semakin banyak, terlebih memang fungsinya yang sangat banyak. Namanya saja Ponsel Pintar, berbagai kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi oleh alat canggih tersebut.

 ketika ini pengguna samrtphone semakin hari semakin banyak Cara Mengatasi Memori Penuh Saat Instal Aplikasi Di Android

Namun untuk mendukung kemudahan smartphone, pengguna biasanya harus terlebih dahulu melaksanakan instal beberapa aplikasi.

Fatalnya, banyak pengguna ponsel android yang mengeluh ketika akan melaksanakan instalasi aplikasi. Pasalnya, ada hambatan dengan munculnya notifikasi "Memori Penuh"

Padahal, di handphonenya tidak banyak aplikasi yang diinstal, bahkan memori yang ada bergotong-royong masih cukup untuk melaksanakan instalasi.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menunjukkan isu perihal cara menatasi notifikasi memori penuh pada Android, padahal aplikasi yang sudah terisntal terbilang sedikit.

Cara Mengatasi Memori Penuh Saat Instal Aplikasi

Untuk mengatasi problem tersebut, bergotong-royong sangat mudah, namun sebaiknya terlebih dahulu ketahui penyebabnya. Antara lain :


  • Memang kapasitas memorinya relatif kecil, sehingga tidak cukup untuk melaksanakan instalasi aplikasi, atau
  • Data cache pada beberapa aplikasi yang sudah penuh.
Untuk dilema poin pertama, maka solusinya anda harus mengganti memori handphone dengan memori ekternal yang lebih besar.

Meskipun dibeberapa kasus, hal tersebut kadang justru menciptakan handphone anda jadi lemot alasannya RAM yang dipakai cukup kecil.

Sementara untuk solusi yang kedua, anda dapat melaksanakan peniadaan data cache aplikasi dengan mudah.

Caranya? ada dua cara yang dapat anda gunakan, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Pertama

Silahkan masuk ke sajian setting, kemudian pilih Apps => All Apps, pada sajian ini anda tinggal pilih aplikasi yang data cachenya ingin dihapus.

Masalahnya, anda harus menentukan satu persatu, dan tentu hal tersebut cukup menyta banyak waktu, maka anda dapat gunakan cara yang kedua.

Cara Kedua

Jika sahabat malas mengikuti cara yang pertama, maka kalian dapat gunakan cara ini, tapi syaratnya handphoenya harus dapat melaksanakan instal satu aplikasi yang berjulukan "App Cache Cleaner" melalui google play.

Setelah instal aplikasi tersebut, maka aplikasi ini akan melaksanakan scan aplikasi yang sudah terinstal, tunggu sejenak.

Setelah seluruh aplikasi sudah tampil, maka kalian dapat pribadi menentukan sajian Clear All, biasanya ada dibagian paling bawah.

Dengan lagkah-langkah diatas, kalian sudah dapat mengatasi Memori Penuh Saat Instal Aplikasi Di Android, dan tentu kapasitas memori kalian akan sedikit lega.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar