Skip to main content

Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Bak Untuk Budidaya Belut

Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

Untuk menciptakan media fermentasi di luar bak untuk budidaya belut membutuhkan beberapa bahan-bahan dan pengetahuan yang baik, alasannya cara kerja bahan-bahan untuk media fermentasi tergantung dari cara yang anda lakukan.

 Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut Cara Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut


Bahan-Bahan Pembuatan Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

  • jerami padi dipotong kecil-kecil
  • pupuk sangkar dihaluskan (kotoran kambing atau kotoran sapi)
  • EM4 sebagai fermentator
  • larutan gula pasir secukupnya
  • karung goni

Cara Kerja Media Fermentasi Di Luar Kolam Untuk Budidaya Belut

1. kepingan jerami padi dicampur dengan pupuk kandang, pribadi diaduk-aduk. kemudian tambahkan larutan gula secukupnya. berikan setengan botol EM4 secara merat
media ditutup dengan karung goni atau dengan memakai terpal selama 7 - 10 hari media dibolak-balik.

2. masukkan media ke dalam bak (tembok atau bak jaring atau drum) sesuai dengan ukuran wadah. kemudian tambahkan tanah kebun kurang lebih setinggi 15 cm. lakukan proteksi air secara sedikit demi sedikit alasannya dalam proses fermentasi, media harus basah. kemudian untuk mencegah media naik, perlu ditahan dengan memakai bambu gelondong yang ditata menyilang diatas bak dan dibiarkan selama 7 - 10 hari.

3. media yang telah setengah jadi harus ditusuk-tusuk biar gas dalam media keluar. penusukan dilakukan setiap hari sekali selama 10 hari. hal ini dilakukan biar tidak banyak gas yang tertimbun di dalam media alasannya gas yang terlalu banyak mengakibatkan belut mengalami keracunan.

4. kalau gas tinggal sedikit, masukkan cincangan batang pisang sepanjang 5-10, tambahkan tanah kebun lebih kurang setinggi 10 cm, isi bak dengan air setinggi 10 -20 cm diatas media. sehabis itu, biarkan selama 10-14 hari.

Hasil Panen Budidaya Belut Dengan Cara Media Fermentasi

idealnya, belut berkembang dengan baik apabila media matang yang dihasilkan setinggi 50 cm, alasannya proses fermentasi mengakibatkan bak air menyusut. kalau media meyusut, langkah selanjutnya yakni memperlihatkan pupuk sangkar yang dimatangkan di luar wadah.

untuk mematangkannya, pupuk sangkar dicampur dengan EM4 dan tanah secukupnya, kemudian didiamkan selama 1 minggu. kemudian pupuk diaduk dengan tanah, sehabis itu dapat diberikan ke dalam media yang menyusut tadi sampai diperoleh tinggi media yang sesuai dan ideal bagi bak belut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar