Skip to main content

Perbedaan Mangga Arumanis Mangga Manalagi Dan Mangga Golek

Perbedaan mangga arumanis mangga manalagi dan mangga golek - Mangga merupakan jenis buah yg tergolong ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yg mempunyai kurang lebih 35-40 anggota. Dari sekian tidak sedikit tipe dari buah mangga pastilah akan ada perbedaan yg mencolok antara masing -masing mangga.  Nah, hari ini kita akan mengulas mengenai perbedaan antara mangga Arumanis, Manalagi, dan Golek. Untuk lebih jelasnya mari kita baca klarifikasi dibawah ini.

Perbedaan mangga arumanis mangga manalagi dan mangga golek Perbedaan mangga arumanis mangga manalagi dan mangga golek


Mangga Arumanis dan Manalagi sama-sama bersumber dari daerah Jawa Timur, bedanya mangga Arumanis dari Probolinggo sedangkan Manalagi dari Situbondo. Mangga Arumanis mempunyai buah yang berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujung meruncing. Warna pangkal buah mangga yaitu merah keunguan, sedangkan tahap lain berwarna hijau kebiruan, mempunyai kulit buah tidak begitu tebal, berbintik-bintik kelenjar berwarna keputihan, dan ditutupi lapisan lilin, mempunyai daging buah yg tebal, berwarna kuning, lunak, tidak berserat, dan tidak begitu tidak sedikit mengandung air dan rasanya cantik segar, melainkan dibagian ujung kadang asam, mempunyai biji berkapasitas kecil dan berbentuk lonjong pipih dengan panjang berkisar antara 13-14 cm sedangkan Panjang buahnya dapat mencapai 15 cm dengan berat per buah kurang lebih 450 g. Pohon mangga ini  mempunyai produktivitas tidak mengecewakan tinggi, ketika panen pohon buah mangga ini dapat menghasilkan mangga hingga mencapai 54 kg/pohon.

Bentuk daun buah mangga Manalagi cenderung lonjong dengan tahap ujung agak runcing, bunga ada pohon Manalagi berbentuk beragam semacam kerucut dengan warna bunga kuning dengan tahap tangkai agak hijau kemerahan.

Baca juga : Macam macam tumbuhan serealia biji bijian

Buah mangga Manalagi mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan mangga golek. Buah mangga Manalagi mempunyai ukuran sedang dengan kulit buah berwarna hijau ketika tetap belia dan mempunyai warna hijau agak keabuan apabila matang, kulit mangga Manalagi tebal dan berlilin dengan dipenuhi bintik-bintik putih dengan jumlah jauh lebih tidak sedikit apabila dibandingkan dengan tipe mangga lain. Buah mangga Manalagi mempunyai daging buah yang padat serta berserat. Mangga Manalagi tergolong mangga yg infinit seusai di petik dari pohon.

Yang paling membedakan antara Mangga Golek dengan Arumanis dan Manalagi merupakan ukuran buahnya yg lebih besar dan panjang dan lonjong. Mangga Golek mempunyai bentuk panjang meruncing tidak berparuh, rasa buahnya cantik dan ketika matang warna kulitnya tetap berwarna hijau, daging buahnya tebal dengan rasa cantik dan harum yg tajam, berwarna kuning tua, lunak, tidak berserat, dan apabila dipotong akan tidak sedikit mengeluarkan air.

Jenis mangga golek telah sangat tenar di daerah Jawa barat, tapi yg membedakan dengan tipe mangga golek asal Pasuruan dan Probolinggo yaitu dari ukuran buahnya yg lebih besar dari mangga golek pada umumnya. Buah mangga golek ini mempunyai bentuk panjang dengan ujung meruncing dan tidak berparuh. Buah mangga mempunyai warna hijau pada ketika masih kecil dan belum matang, sedangkan yg telah bau tanah mempunyai warna kuning dibagian pangkalnya dan kehijauan dibagian ujungnya, kulit mangga Golek tidak begitu tebal dan halus. Daging buahnya tebal berwarna kuning tua, lunak, tidak berserat, dan apabila dipotong akan tidak sedikit mengeluarkan air, rasanya sangat cantik dan aromanya harum tajam. Panjang buah mangga golek kurang lebih 17 cm dengan berat berkisar 500 g. Produktivitas pohon mangga golek rata-rata per pohon akan menghasilkan kurang lebih 52 kg. Tanaman mangga golek tergolong dalam tumbuhan dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut.

Baca juga : Cara menanam dan budidaya bunga camelia

Demikian postingan pembahasan tentang”Perbedaan Mangga Arumanis, Mangga Manalagi, dan Mangga Golek“, supaya bermanfaat.
Sumber https://tanamanlotim.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar