Skip to main content

Pengertian Microsoft Excel Dan Sejarah Lengkap Microsoft Excel

komputerdia.com - Sebelum melangkah jauh ke pembahasan perihal sejarah microsoft excel, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui pengertian dan fungsi dari aplikasi excel tersebut. Pengertian Microsoft excel yakni suatu kegiatan aplikasi desktop yang dirancang dan di fungsikan sebagai lembar kerja spreadsheet, dimana aplkasi ini dikeluarkan oleh perusahaan microsoft untuk sistem operasi windows dan Mac OS.

Selain pengertian diatas, ada juga yang mendefinisikan bahwa pengertian Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah kegiatan aplikasi (perangkat lunak) lembar kerja spreadsheet yang dibentuk dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Software (perangkat lunak) ini juga dikenal dengan istilah Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja. Microsoft office Excel juga merupakan salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, dimana aplikasi ini dikhususkan untuk membantu pekerjaan dalam bidang pengolahan angka.

Selain pengertian diatas, ada juga yang menawarkan pengertian bahwa Pengertian Microsoft Excel adalah suatu kegiatan atau perangkat lunak yang merupakan bab dari paket instalasi (bundle) Microsoft Office. Secara garis besar microsoft office excel ini berfungsi untuk mengolah angka dan menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi sebuah perintah.

Microsoft Excel telah menjadi suatu software pengolah data atau angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Saat ini, eksistensi microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, atau MacOS, namun ketika ini kita sudah bisa mengakses microsoft office excel pada perangkat Android dan Apple

Secara fundamental, Microsoft Excel mengadopsi spreadsheet untuk administrasi data serta melaksanakan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel (rumus excel). Microsoft Excel merupakan kegiatan spreadsheet elektronik. 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Sebelum melangkah jauh ke pembahasan perihal sejarah microsoft excel Pengertian Microsoft Excel dan Sejarah Lengkap Microsoft Excel

Perlu kalian ketahui bahwa Salah satu faktor yang menciptakan aplikasi Excel cukup terkenal dan banyak diminati yakni alasannya adanya kelengkapan fitur Formulas dan Functions, dimana fitur-fitur tersebut lebih kita kenal dengan istilah rumus excel.

Formula dan fungsi ini bisa kalian gunakan untuk membantu pekerjaan yang bersangkutan dengan penghitungan. Dengan adanya formula dan fungsi ini, kalian sanggup melaksanakan perhitungan data secara cepat, sempurna dan semi otomatis.

Formula excel bisa kalian gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga kalkulasi yang sangat kompleks, baik untuk data berbentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut, hingga pembuatan diagram.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook tersebut  terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya cukup kita sebut sheet saja. Secara sederhananya, kalau workbook yakni sebuah buku maka worksheet merupakan lembaran-lembaran kertas didalam buku tersebut.

Sejarah Perkembangan Microsoft Office Excel

Microsoft office Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, namun pada awalnya hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya berjulukan Excel, tanpa ada nama Microsoft di depannya.

Pada awal peluncuran Excel tersebut, microsoft sempat dituntut perusahaan-perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial yang juga mengeluarkan produk yang dinamai dengan Excel. Namun, pada tamat tuntutan itu Microsoft bisa mengalahkan perusahaan penuntut tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel . 

Setelah penuntutan itu, Microsoft tidak terlalu mengambil pusing masalah itu, dan pada jadinya akhirnya pihak Microsoft membeli nama software (lisensi) dari perusahaan penuntut tersebut untuk memastikan tidak ada masalah problem nama Excel dikemudian hari.

Pada tahun 1987, perusahaan microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dinamakan dengan Excel versi 2.0, dan pada ketika itu juga Microsoft Excel berhasil mendahului pesaing beratnya pada waktu itu untuk jenis aplikasi sejenis, yakni lotus 1-2-3 yang terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan versi MS-DOS.

Pada tahun 1988, Excel jadinya berhasil total menggeser eksistensi pesaingnya itu dan menjadi salah satu software spreadsheet yang sangat terkenal dan handal dipasaran hingga ketika ini, dan pada tahun 1990 microsoft meluncurkan Excel versi 3.0 dan Excel versi 4.0 pada tahun 1992.

Pada tahun 1993, Excel telah mempunyai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), dimana fitur tersebut sudah sanggup menambahkan kemampuan Excel untuk melaksanakan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang sanggup didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk dipakai di dalam worksheet, guna untuk mempermudah suatu pekerjaan.

Bahkan, dalam versi selanjutnya Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA Excel, sehingga hal ini diklaim sangat memudahkan programmer untuk melaksanakan pembuatan kegiatan buatannya. Selain itu, Excel juga sanggup merekam semua aktifitas yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga bisa melaksanakan automatisasi beberapa kiprah dengan sangat mudah.

VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk sanggup berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak sanggup membuatnya. 

Versi VBA selanjutnya menambahkan santunan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA mengakibatkan Excel sebagai sebuah sasaran virus-virus macro. Perlu diketahui, bahwa hal ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi . Sehingga permasalahan ini, memicu para pembuat antivirus mulai menambahkan santunan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel.

Meskipun terkesan lamban, pihak Microsoft jadinya melaksanakan integrasi fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika workbook sedang aktif, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan akta digital yang sangat tepercaya.

Sampai pada versi 11.0 (Microsoft Excel 2003), Microsoft Excel masih menggunakan ekstensi .xls, namun untuk versi 12.0 (Microsoft Excel 2007) ke atas Microsoft Excel mengenalkan ekstensi gres dengan format .xlsx yang dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya.

Versi-Versi Microsoft Excel Untuk Windows

  1. Tahun 1987 - Microsoft Excel 2 (Versi 2.0)
  2. Tahun 1990 - Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)
  3. Tahun 1992 - Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)
  4. Tahun 1993 - Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)
  5. Tahun 1995 - Microsoft Excel 95 (Versi 7.0)
  6. Tahun 1997 - Microsoft Excel 97 (Versi 8.0)
  7. Tahun 2000 - Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0)
  8. Tahun 2002 - Microsoft Excel 2002 (Versi 10.0)
  9. Tahun 2003 - Microsoft Excel 2003 (Versi 11.0)
  10. Tahun 2007 - Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0)
  11. Tahun 2010 - Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0)
  12. Tahun 2013 - Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0)
  13. Tahun 2016 - Office Excel 2016 (Versi 16.0)

Versi-Versi Microsoft Excel Untuk MacOS / Machintos

  1. Tahun 1985 - Microsoft Excel 1 (Versi 1.0)
  2. Tahun 1988 - Microsoft Excel 1.5 (Versi 1.5)
  3. Tahun 1989 - Microsoft Excel 2 (Versi 2.2)
  4. Tahun 1990 - Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)
  5. Tahun 1992 - Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)
  6. Tahun 1993 - Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)
  7. Tahun 1998 - Microsoft Excel 98 (Versi 8.0)
  8. Tahun 2000 - Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0)
  9. Tahun 2001 - Microsoft Excel 2001 (Versi 10.0)
  10. Tahun 2004 - Microsoft Excel 2004 (Versi 11.0)
  11. Tahun 2008 - Microsoft Excel 2008 (Versi 12.0)
  12. Tahun 2011 - Microsoft Excel 2011 (Versi 14.0)
  13. Tahun 2016 - Office Excel 2016 (Versi 16.0)

Fungsi Utama Microsoft Excel

Melihat fungsi atau kegunaannya, microsoft excel mempunyai banyak fungsi yang sangat fital, sehingga menjadi salah satu kegiatan komputer yang sangat digemari oleh banyak konsumen dan mempunyai banyak sekali fungsi didalamnya. Fungsi yang dimiliki oleh microsoft excel sendiri, diantaranya yakni sebagai berikut:
  1. Melakukan pengolahan data (perhitungan dan kalkulasi data)
  2. Membuat data menjadi lebih rapi
  3. Mengkonversi mata uang
  4. Mengkonversi data menjadi grafik
  5. Melakukan banyak sekali perhitungan secara statistika
  6. Mempermudah untuk menciptakan banyak sekali catatan keuangan baik langsung ataupun untuk perusahaan
  7. Bisa dipakai untuk salah satu cara berguru komputer dan banyak sekali logika perhitungan
  8. Mempermudah pembuatan laporan keuangan
  9. Mempermudah melaksanakan analisa terhadap data
  10. Dengan adanya Microsoft Excel, pengolahan data akan menjadi lebih gampang dan akan lebih cepat daripada menggunakan perhitungan manual.
  11. Dengan adanya Microsoft Excel akan mendorong kebutuhan data yang sudah bisa menghasilkan informasi dengan sempurna dan cepat akan gampang dilakukan.

Sumber https://www.komputerdia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar