Skip to main content

Pengertian Vpn, Fungsi Vpn Dan Cara Kerja Vpn Secara Lengkap

komputerdia.comPengertian VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara langsung (private) melalui jaringan publik (internet).

VPN juga sanggup diartikan sebagai suatu hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi konkret yang terenkripsi yang dilakukan oleh pihak tertentu gar identitas pelaku tersebut tidak sanggup terdeteksi secara nyata

Jika kita artikan berdasarkan suku katanya, maka VPN atau Virtual Private Network bisa diartikan sebagai berikut 
  • Virtual: hal yang tidak konkret atau semu, di dunia maya/ internet
  • Private: hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi
  • Network: jaringan koneksi yang saling terhubung
Perlu dijelaskan kembali bahwa dengan adanya VPN tersebut, kita sebagai pelaku penggunakan internet seakan telah menciptakan suatu jaringan gres di dalam jaringan itu sendiri yang bersifat virtual. 

Hal ini juga disebut dengan tunnel, tunneling sendiri merupakan suatu proses cara menciptakan jalur private dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga. VPN menggunakan tiga teknologi tunneling yaitu L2TP, PPTP, IPSec (Internet Protocol Security). Dengan adanya kombinasi antara tunneling dan enkripsi, maka  jadilah VPN

Dari klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian VPN atau Virtual Private Network adalah  salah satu koneksi yang terdapat antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya yang sanggup dilakukan secara privat melalui sebuah jaringan internet. 

VPN ini juga sanggup memungkinkan kalian untuk melaksanakan sebuah kanal gosip yang bersifat langsung sehingga lebih kondusif dalam melaksanakan kanal internet menyerupai melaksanakan browsing, surfing sampai acara yang lainnya. 

Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan VPN ini, data yang akan dikirimkan menggunakan terenkripsi sehingga data tersebut bisa tetap menjadi belakang layar walaupun kalian menggunakan jaringan publik

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Fungsi VPN (Virtual Private Network)



1. Kerahasiaan Data (Confidentially)

Penggunaan VPN sanggup menjaga kerahasiaan data dan gosip milik pengguna biar tidak digunakan orang lain sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar contohnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan menggunakan VPN maka bisa mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.


2. Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN juga mempunyai kegunaan untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data final dan diterima oleh akseptor yang sesuai dengan usul user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.


3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN bisa mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentikasi berhasil, maka gosip atau data sanggup disetujui. Dalam hal ini VPN mempunyai kegunaan untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga sanggup mencegah kiriman file virus atau malware.



4. Transaksi Pada Jaringan Internet Menjadi Lebih Aman

Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika ini sudah aneka macam penggunaan e-banking untuk melaksanakan sebuah transaksi dengan jumlah yang Anda inginkan baik itu dalam jumlah sedikit ataupun banyak. Namun, jikalau Anda menggunakan VPN ini, maka transaksi ataupun data yang Anda gunakan jauh akan lebih kondusif dan privat sehingga hal tersebut sanggup mengurangi resiko serangan hacker.


5. Mempercepat Proses Download

Bagi Anda yang suka mendownload niscaya Anda pernah mengalami yang namanya jaringan yang berjalan lelet bukan terlebih lagi pemakaian jaringan tersebut sangat ramai. Nah, jikalau Anda menggunakan VPN ini maka sanggup meningkatkan kecepatan download sehingga menyerupai Anda menggunakan jaringan pribadi.


6. Dapat Membuka konten Situs di Blokir atau di Sensor

VPN juga sanggup Anda gunakan untuk mengakses situs-situs yang telah terblokir ataupun disensor. Konten yang menyerupai ini biasanya di blokir atau di sensor oleh ISP ataupun host terkait dengan regulasi negara ataupun lainnya.



7. Jaringan Privasi

Dengan menggunakan VPN, kalian akan mendapat privasi yang lebih terjamin dengan adanya fitur menyembunyikan acara dari ISP ketika berselancar di internet. Pengguna VPN sanggup menyembunyikan alamat IP sehingga ketika melaksanakan browsing internet maka pihal lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna


8. Remote Acces

Dengan menggunakan kanal VPN maka kalian sanggup mengakses jaringan komputer di kantor atau di mana saja melalui jaringan internet.


9. Keamanan 

VPN sanggup membantu serta menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, apalagi bila menggunakan WiFi umum (public wifi)



Penjelasan Teknologi Tunneling VPN

A. Pengertian PPTP VPN 

suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara langsung  Pengertian VPN, Fungsi VPN dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

PPTP ialah teknologi jaringan yang merupakan pengembangan dari remote access point to point, dimana PPTP dikeluarkan oleh IEFTF (Internet Engineering Task Force). PPTP juta merupakan paket  PPP dengan mengubahnya menjadi IP yang ditransmisikan melewati internet. Dibawah ini ialah citra ihwal VPN menggunakan protokol PPTP.



B. Pengertian L2TP VPN 

suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara langsung  Pengertian VPN, Fungsi VPN dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

L2TP atau kependekan dari Layer 2 Tunneling Protocol. L2TP ialah sebuah standar IFTF (Internet Engineering Task Force) yang mempunyai kegunaan untuk dilema protokoll tunneling yang digunakan untuk engkapsulasi terhadap frame Protokol PPP (Point to Point Protocol). Kemudian ditransmisikan melalui jaringan TCP/IP X.25, frame atau jaringan ATM (Asynchronous Transfer Mode). Contoh cara kerja L2TP VPN menyerupai gambar dibawah ini.



C. Pengertian IPSec 

suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara langsung  Pengertian VPN, Fungsi VPN dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

IPSec atau kependekan dari IP Secrity ialah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk transmisi diagram pada sebuah Internetwork dengan basis TCP/IP. IPSec sendiri didefinisikan untuk melaksanakan enrkipsi data dan integritas data di lapisan kedua DARPA Reference Model atau Internetwork Layer. Berikut ialah citra cara kerja dari IP Sec.



Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Pada dasarnya, Cara kerja dari VPN sendiri yaitu dengan menciptakan jaringan di dalam jaringan (sering disebut dengan tunneling). Tunneling bertujuan untuk menciptakan jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrakstruktu jaringan lain.

Pada umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data usul untuk website yang kita kanal akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN ketika mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Untuk lebih memahami konsep VPN, maka perlu kita ketahui bagaimana prinsip kerja dari VPN. Pada dasarnya, VPN berkerja dengan cara seakan-akan menciptakan jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). 

Tunneling ini digunakan untuk menciptakan jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP, dan Internet Protocol Security (IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi sehingga lebih kondusif daripada koneksi internet biasa.

Untuk menghubungkan antar 1 PC dengan yang lain, VPN membutuhkan sebuah Server VPN yang sanggup berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router. Komputer dengan aplikasi VPN Client ini kemudian akan mengontak Server VPN, VPN Server kemudian melaksanakan verifikasi username dan password dan apabila berhasil, VPN Server memperlihatkan IP Address gres pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.



Sumber https://www.komputerdia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar