Skip to main content

Penjelasan Microsoft Excel, Fungsi Dan Manfaat Microsoft Excel Secara Umum

komputerdia.com - Pengertian Microsoft Excel yaitu suatu kegiatan atau perangkat lunak yang merupakan bab dari paket instalasi (bundle) Microsoft Office. Secara garis besar microsoft office excel ini berfungsi untuk mengolah angka dan memakai spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi sebuah perintah. 

Microsoft Excel telah menjadi suatu software pengolah data atau angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Saat ini, keberadaan microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, atau MacOS, namun ketika ini kita sudah bisa mengakses microsoft office excel pada perangkat Android dan Apple

Secara fundamental, Microsoft Excel mengadopsi spreadsheet untuk administrasi data serta melaksanakan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel (rumus excel). Microsoft Excel merupakan kegiatan spreadsheet elektronik. 

Pengerian Spreadsheet yaitu kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom daerah memasukkan angka pada Microsoft Excel. Pada umumnya jumlah Sel Microsoft Excel terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.

Secara garis besarnya, pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook tersebut  terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya cukup kita sebut sheet saja. Secara sederhananya, bila workbook yaitu sebuah buku maka worksheet merupakan lembaran-lembaran kertas didalam buku tersebut.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

 yaitu suatu kegiatan atau perangkat lunak yang merupakan bab dari paket instalasi  Penjelasan Microsoft Excel, Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel Secara Umum

Fungsi atau Kegunaan Microsoft Office Excel


Perlu diketahui bahwa fungsi utama kegiatan microsoft excel yaitu sebagai aplikasi atau perangkat lunak yang dirancang untuk pengolah angka. Selain fungsi utama tersebut, fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain yaitu sebagai berikut :
  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menuntaskan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat aneka macam macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  • Melakukan pengolahan data (perhitungan dan kalkulasi data)
  • Membuat data menjadi lebih rapi
  • Mengkonversi mata uang
  • Mengkonversi data menjadi grafik
  • Melakukan aneka macam perhitungan secara statistika
  • Mempermudah untuk menciptakan aneka macam catatan keuangan baik langsung ataupun untuk perusahaan
  • Bisa dipakai untuk salah satu cara berguru komputer dan aneka macam logika perhitungan
  • Mempermudah pembuatan laporan keuangan
  • Mempermudah melaksanakan analisa terhadap data
  • Dengan adanya Microsoft Excel, pengolahan data akan menjadi lebih gampang dan akan lebih cepat daripada memakai perhitungan manual.
  • Dengan adanya Microsoft Excel akan mendorong kebutuhan data yang sudah bisa menghasilkan informasi dengan sempurna dan cepat akan gampang dilakukan.

Manfaat Microsoft Office Excel

Berikut ini yaitu beberapa manfaat microsoft office excel bila dilakukan pembagian terstruktur mengenai sesuai dengan fungsi utamanya atau dilihat dari kebutuhan bidang pekerjaan.

A. Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan kegiatan microsoft excel dalam bidang akuntansi yaitu menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung honor karyawan, dan lain sebagainya.


B. Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis dipakai untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta aneka macam macam variasinya.


C. Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.


D. Pembuatan grafik

Excel sanggup dipakai untuk menciptakan grafik, contohnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada forum pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.


E. Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka kalian tidak akan merasa kesulitan apabila melaksanakan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.


Kelebihan Microsoft Office Secara Umum

  • User interface yang gampang untuk dipahami.
  • Kompatibilitas dengan aneka macam platform/system operasi.
  • Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
  • Tersedia lisensi dalam versi grosir.
  • Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
  • Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv).
  • Fitur pivot untuk mempermudah administrasi data.
  • Spreadsheet yang besar, sanggup dipakai sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
  • Resource RAM dan memory kecil dibanding kegiatan sejenis.
  • Digunakan oleh aneka macam industri, instansi dan pekerjaan.
  • Mendukung Visual Basic
  • Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari tumpuan analisis data dengan Microsoft Excel berdasarkan para hebat terkait topik yang diteliti.

Kekurangan Microsoft Excel Secara Umum

  • Akses fungsi tertentu menyerupai fungsi statistik terbatas.
  • Jumlah sel terbatas.
  • Pengoperasian yang cukup sulit untuk pengguna yang gres mengoperasikan
  • Cukup sulit untuk menghapal formula excel (rumus excel)
  • Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu menyerupai neural network, fuzzy logic tidak power full dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS


Kelebihan Microsoft Excel Secara Khusus

A. Formula Excel

Excel sanggup menghitung angka-angka hampir seketika. Melakukan perhitungan dengan microsoft excel jauh lebih gampang daripada memakai kalkulator.

Namun demikian hal ini tergantung pada pemahaman dan keterampilan dalam memakai Excel, menyerupai bagaimana menerapkan rumus-rumus excel yang dipakai untuk menghitung cepat suatu persamaan sederhana maupun rumit dengan memakai data dalam jumlah yang besar.

B. Integrasi Dengan Microsoft Office

Sebagai bab dari Microsoft Office, Excel bekerja pada hampir setiap bab lain dari perangkat lunak Microsoft Office.

Spreadsheet pada Excel sanggup dengan gampang ditambahkan pada Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk menciptakan presentasi laporan dinamis dan lebih visual.

C. Organisasi Data

Salah satu manfaat terbesar dari Excel yaitu kemampuan untuk mengatur sejumlah besar data dengan teratur dimana spreadsheet mempunyai kelogisan dan grafik yang bagus.

Dengan adanya data yang terorganisir maka akan gampang melaksanakan aanalisa data serta mencerna hasil pekerjaan terutama bila dipakai untuk menciptakan grafik dan presentasi data visual lainnya.

D. Dukungan Pihak Ketiga

Excel intinya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan sanggup dinikmati pada sejumlah perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet. Kebanyakan kegiatan spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format orisinil mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel.


Kekurangan Microsoft Excel Secara Khusus

A. Memakan waktu

Memasukkan data secara manual ke Excel bisa saja membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama bila pengguna mempunyai banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang diharapkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.

B. Ongkos/biaya akses

Menggunakan Microsoft Excel orisinil tidaklah gratis. Versi berbasis cloud dari Excel memerlukan langganan untuk Office 365, sedangkan edisi desktop dipatok dengan harga beli yang tidak murah terlebih untuk kalangan pengguna rumahan.

C. Butuh Banyak Latihan

Ketika hampir semua orang bisa memakai Excel dan mulai mengisi tabel dan mendapat manfaat penuh dari aneka macam fiturnya, pengguna Excel masih membutuhkan banyak latihan semoga mahir menggunakannya.

Pengguna yang tidak terbiasa memakai sintaks atau cara penulisan rumus excel Excel dalam suatu perhitungan dan memakai fungsi lainnya, maka pengguna Excel akan menghadapi rasa putus asa atau kesal alasannya yaitu belum mempunyai pemahaman yang kuat.

D. Kesalahan Perhitungan

Ketika fungsi perhitungan otomatis Excel menciptakan kelompok perhitungan dalam jumlah yang besar terlihat, sesungguhnya hal itu tidak sempurna alasannya yaitu sesungguhnya tidak benar-benar mudah. Hal ini dikarenakan kegiatan Excel tidak mempunyai sarana untuk menyidik kesalahan yang dibentuk pengguna selama proses entri data, yang bisa berakibat pada timbulnya kesalahan informasi yang bisa menjadikan masalah. 

Sebagai teladan yaitu menyerupai yang dilaporkan dari Tim Worstall dari majalah Forbes, dimana kedua media tersebut melaporkan bahwa JP Morgan kehilangan miliaran dolar alasannya yaitu kesalahan persamaan di Excel yang mereka gunakan.

Sumber https://www.komputerdia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar