Skip to main content

Pengertian Defrag

Defrag, ialah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan meng-optimasi kecepatan kerja komputer. Bisa juga dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk.

 ialah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan me Pengertian Defrag


Logikanya begini nih :
Ibarat di perpustakaan (Harddisk), niscaya ada banyak buku-buku di dalamnya (data-data). Ketika anda masuk dan membaca buku disana, kadangkala buku yang kita ambil itu terbalik, kawasan untuk mengembalikan buku tertukar, halamannya semrawut, bukunya berantakan, ada juga buku yang sobek.

Nah, jadi kita harus merapikan (Defrag) buku-buku tersebut semoga lebih gampang dalam mencari buku-buku yang ingin dibaca.


Proses Defrag ini, biasanya dilakukan pada sistem operasi Windows semoga meng-optimalkan kinerja pada harddisk. Memang, para pengguna Windows harus rutin men-Defrag harddisk mereka semoga kinerja pada harddisk tidak lemot.


Tapi, setahu saya di Linux itu tidak ada proses Defrag ibarat pada Windows (saya memakai Linux ¨Mandriva¨ dan tidak pernah  bertemu jadwal untuk men-Defrag harddisk). Kalau pada distro-distro Linux yang lain saya kurang tahu ya. Hehehehehehe... Karena struktur file pada Linux ini bersifat Hierarki dan tersusun rapi, tampaknya tidak ada jadwal atau aplikasi untuk men-Defrag harddisk (Mohon diralat kalau pendapat saya ini salah).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar