Skip to main content

Perbedaan Sinyal Analog Dan Sinyal Digital

Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital - Sinyal analog dan sinyal digital merupakan bab dalam komunikasi data. Dan komunikasi data merupakan bab dari jaringan komputer. Sebelum menjelaskan wacana perbedaan sinyal analog dan sinyal digital, pada kesempatan ini penulis akan membahas terlebih dahulu mengenai komunikasi data.

Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Komunikasi Data

Komunikasi data merupakan proses pemindahan data/ info atau proses pemindahan dari sebuah komputer ke komputer lainnya dalam sebuah jaringan, baik dalam skala kecil maupun global

Tujuan Komunikasi Data

Komunikasi data bertujuan untuk mempercepat dan efisiensi dalam proses pengiriman atau penerimaan data, pengolahan data jarak jauh, mempercepat proses penyebaran informasi, dan pengunaan hardware jarak jauh


Sinyal Analog

Sinyal yaitu suatu kode untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya sinyal ini berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll. Dalam kereta api, misalnya, sinyal berarti suatu tanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat/stasiun berikutnya, dan biasanya sinyal ini dikirimkan oleh stasiun yang terkait.

Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan bunyi dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh kode analog yaitu amplitude dan frekuensi.

Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus mempunyai tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase. Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi yaitu jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase yaitu besar sudut dari sinyal analog pada dikala tertentu.
Berikut ini gambar dari sinyal analog.

Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Sinyal Digital

Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang sanggup mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.
Berikut ini gambar dari sinyal digital.

Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital Perbedaan Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Demikian info mengenai perbedaan antara sinyal analog dan sinyal digital. Pada prinsipnya perbedaan antara sinyal analog dan sinyal digital yaitu bahwa sinyal analog berbentuk gelombang kontinu, sedangkan sinyal digital berbentuk pulsa 0 dan 1.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar