Skip to main content

Belajar Html Dasar Bab 1: Pengenalan Html

HTML atau kepanjangannya yaitu HyperText Markup Language merupakan bahasa markup jadi juga harus kalian ketahui bahwa HTML bukanlah bahasa pemograman melainkan bahasa markup yang mana bahasa ini dipakai untuk menciptakan suatu halamam web, yang mana HTML inilah yang nantinya akan menampikan banyak sekali isu kedalam browser atau penjelajah internet dan formating hypertext sederhana ditulis kedalam format ASCII sehingga menampilkan wujud yang terintegrasi, artinya berkas yang dibentuk pada software pengolah kata dan disimpan memakai format ASCII normal dengan perintah-perintah html sehingga akan menjadi Home Page.


Untuk sanggup menampilkan dan menyusun halaman website supaya lebih baik HTML tidak bekerja seorang diri, melaikan dibantu juga oleh CSS dan Javascript. Yang mana HTML mempunyai fungsi sebagai kerangka dalam pembuatan halaman website , CSS bertugas untuk memperhias halaman tadi supaya terlihat lebih anggun atau lebih bagus, sedangkan Javascript tugasnya khusus dalam keinteraktifan website tersebut atau juga sanggup katakan lebih hidup berupa animasi, slide show dan lain sebagainya. HTML bergotong-royong juga sanggup untuk menghias halaman website namun CSS sanggup melaksanakan pekerjaan tersebut lebih baik dibandingkan HTML dalam menghias website.

OLKIT (oleh sebab itu) jikalau kalian ingin menjadi seorang pengembang web (web development) kalian harus mengetahui dahulu mengenai HTML dan cara kerjanya sebab HTML merupakan dasar dari sebuah website.

Ketahuilah:

HTML dibangun oleh Caillau Tim dan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) pada tahun 1989.

Kenapa disebut dengan Markup Language?

Itu dikarenakan HTML memakai "mark" yang mempunyai arti "menandai" potongan bagian text yang mana potongan text yang ditandai tersebut akan merubah tampilan, bentuk bahkan fungsi text tersebut dari bentuk normalnya dan inilah yang disebut juga dengan tag HTML. aku harap hingga disini kalian sudah paham.

Dimana kita sanggup menulisakan script atau aba-aba HTML?

Lalu dimana kita sanggup menuliskan script atau aba-aba HTML tersebut apakah memakai pensil dan kertas? jawabannya tentu tidak, untuk sanggup menjalankan script HTML kita sanggup menuliskannya pada software text editor pada komputer kalian.

Apa itu text editor?

Singkatnya Text editor ialah software aplikasi yang dipakai oleh penggunanya untuk menuliskan code acara atau syntax untuk menjadi sebuah website. Beberapa text editor diantaranya notepad, atom, sublime text dan banyak lainnya lagi. 

Secara langsung aku nantinya akan memakai text editor sublime text 3 sebagai pembelajaran kita tapi aku juga tidak memaksakan kalian untuk memakai text editor itu juga tergantung text editor mana yang kalian sukai atau biasa gunakan dan jikalau kalian belum mempunyai text editor lainnya kalian sanggup memakai notepad yang merupakan software bawaan dari komputer atau laptop.

Saya harap hingga disini kalian sudah paham mengenai apa yang aku jelaskan, dan cukup sekian untuk bahan pertama seri HTML aku untuk kali ini akan dilanjutkan dengan bahan yang akan tiba terus ikuti website kami dan semoga bermanfaat, komentar dibawah jikalau ada pertanyaan. 
Selamat beraktivitas.

Sumber https://www.teknoowl.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar