Skip to main content

Superfood Edamame

Edamame merupakan tumbuhan semusim berupa semak rendah, badan tegak, berdaun lebat, dengan bermacam-macam morfologi. Tinggi tumbuhan berkisar antara 30 hingga lebih dari 50 cm, sanggup bercabang sedikit atau banyak tergantung kultivar dan lingkungan hidupnya. Daun pertama yang keluar dari buku sebelah atas kotiledon berupa daun tunggal berbentuk sederhana dan letaknya berseberangan (unifoliolat). Daun-daun yang terbentuk lalu ialah daun-daun trifoliolat (daunbertiga) dan seterusnya.

Biji kedelai terdiri dari dua bab atau keping biji yang dinamakan kotiledon yang isinya kebanyakan ialah protein dan minyak. Berfungsi sebagai pemasok makanan kecambah hingga berumur 14 hari setelah tanam (HST). Di antara kotiledon terdapatcalon batang dan akar (Radix). Membran pelindung biji (seed coat) berfungsi sebagai pelindung terhadap abuh cendawan dan basil sebelum dan setelah tanam. Oleh alasannya itu, benih kedelai yang kulit bijinya sudah pecah (atau rusak) sering kali tidak akan sanggup berkecambah dan tumbuh berkembang secara normal dan sehat. Umumnya biji kedelai mengandung minyak 18-20%, protein 40%, dedak 8%, dan kadar air 13%. Biji edamame merupakan biji tumbuhan leguminosa, berbentuk bundar atau lonjong (oval), berwarna kuning dan ada yang hitam, serta mempunyai hi­lum berwarna kecokelatan., Biji kedelai mempunyai variasi warna hilum menyerupai yang tampak dalam. Biji yang hilumnya berwarna jelas atau tidak berwarna ialah jenis kedelai yang lebih disukai dalam kaitannya dengan gizi bagi manusia.

Orang Jepang mengklasifikasikan edamame sebagai tipe animo panas dan tipe animo gugur. Hampir semua varietas edamame animo panas mempunyai sifat sensitif terhadap temperatur, sedangkan tipe animo gugur, sejumlah kecil varietasnya sensitif terhadap panjang hari. Edamame tipe animo panas ditanam pada animo semi dan dipanen belum matang setelah 75 hingga 100 hari, sedangkan tipe animo gugur ditanam pada awal animo panas dan dipanen 105 hari setelah tanam atau lebih.

Varietas dengan kualitas Istimewa yang mempunyai keunggulan tertentu meliputi: Fukura’s dengan sifat yang manis, Kinshu’s dengan sifat polong yang berwarna gelap, Mikawashima’s dengan polong berbiji tiga, Osodefuri’s rasa yang baik, Shiroge’s dengan dahan yang banyak, dan Tsurunoko’s dengan biji yang besar. Varietas dengan kualitas negatif yang mempunyai kekurangan meliputi: Fukura’s dengan sifat polong yang gampang pecah, Mikawashima’s dengan sifat pertumbuhan yang merambat, Okuhara’s bersifat periode panen yang lambat, Sapporo-midori’s kurang tahan pada suhu rendah, dan Tsurunoko’s dengan sifat tumbuhan yang tinggi


Sumber https://sumber-sehat-jaya.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar