Skip to main content

Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal



Seringkali kita mendengar pertanyaan, " Bagaimana sih cara menghitung berat tubuh ideal saya ? Kalau tinggi badanku 155 centimeter, dengan berat badanku yang 52 kilogram ini apa betul sudah ideal ? ".

"Berapa sih berat tubuh yang ideal ?", tentu tidak semua orang sama, alasannya ialah tubuh tiap orang berbeda. Berat ideal seorang perempuan yang tingginya 160 cm, tentu berbeda dengan yang tingginya 150 cm. Cara menghitung berat tubuh Ideal ada bermacam cara.

Cara menghitung berat tubuh ideal itu ada banyak sekali macam, salah satunya ialah dengan menggunakan rumus index BMI (Body Mass Index) yang mana dalam bahasa indonesia ialah Indeks Massa Tubuh (IMT).

BMI = Berat Badan (kg) / ( Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m) )

Kategori BMI : 
  • Hasil BMI (IMT) <17.0 => KURUS SEKALI
  • Hasil BMI (IMT) 17.0 – 18.5 => KURUS
  • Hasil BMI (IMT) 18.5 – 25.0 => NORMAL (IDEAL)
  • Hasil BMI (IMT)  25.0 – 27.0 => GEMUK
  • Hasil BMI (IMT)  >27.0 => GEMUK SEKALI

Contoh: A mempunyai tinggi 155 cm dengan berat tubuh 52 kg. Maka BMI A = 21,6 . Apakah A sudah berada dalam ukuran berat tubuh ideal wanita? Lihat dalam tabel pembagian terstruktur mengenai nilai BMI diatas.

Berikut ini  cara menghitung berat tubuh ideal yang lebih simpel yaitu  dengan menggunakan tabel berat ideal berdasarkan tinggi badan.
Tabel Body Mass Index ( BMI )
Pertama, dengan tabel BMI di atas kita dapat menghitung apakah kita termasuk golongan dengan berat tubuh IDEAL,GEMUK, atau malah KURUS.  Cara menghitung berat tubuh ideal dengan menggunakan tabel BMI ialah demikian , misalkan tinggi tubuh si A 166 centimeter dan berat tubuh nya 85 kilogram, maka kita cari angka 165 terlebih dahulu pada formasi sebelah kiri (height in centimeters), kemudian sejajar dengan angka 170 tersebut, kita cari angka 85 pada formasi atas,(weight in kilograms)ternyata dari pertemuan kedua angka tersebut, BMI-nya  31,2, dan termasuk zona biru, yang berarti berat tubuh obesitas / gemuk

Kedua, dengan tabel BMI di atas kita dapat menghitung berat tubuh ideal untuk kita, contohnya tinggi si A 166 centimeter, maka berapa berat tubuh yang ideal buat si A? maka kita cari angka 166 kemudian kita cari zona warna hijau (zona berat ideal) , kemudian kita lihat di sebelah atas berapa, ternyata 53 dan 68, berarti berat ideal kita sekitar 53 kilogram hingga dengan 60 kilogram

Cara menghitung berat tubuh ideal untuk memilih apakah seseorang mengalami obesitas (kegemukan) atau tidak, dapat dilakukan dengan mengukur panjang lingkar pinggang orang tersebut.
Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur alasannya ialah seseorang yang mengalami kegemukan niscaya diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang.
Dalam batas normal, ukuran lingkar ialah sebagai berikut:
Wanita : < 80 centimeter
Pria     : < 90 centimeter

Dengan mengetahui cara menghitung berat tubuh ideal dengan menggunakan rumus BMI , Tabel BMI, dan  mengukur lingkar pinggang badan, maka kita dapat mengevaluasi diri kita masing-masing semoga tidak terlanjur kegemukan.

Anda gres saja membaca artikel kesehatan dengan judul Cara Menghitung Berat Badan Ideal. Semoga isu yang disampaikan di sini dapat memberi manfaat seluas - luasnya.

Terima kasih!

Sumber https://sumber-sehat-jaya.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar